Hebatnya Siswa SMKN 29 Jakarta dalam Merakit Pesawat Terbang

Senin, 23 Januari 2012, saya berkesempatan melihat langsung pameran pesawat Jabiru yang dirakit oleh siswa SMKN 29 Jakarta di Epicentrum Walk Rasuna Said Kuningan. Sungguh saya terpesona dengan kehebatan mereka, dan saya pun melakukan wawancara dengan ketua jurusan dan guru di SMKN 29 Jakarta bapak Rahmat Budiman.



Meski hampir semua bahan didatangkan dari Australia, siswa dengan dibantu instruktur juga melakukan sejumlah rekayasa teknologi. Bagian sayap dan moncong, misalnya, dimodifikasi untuk mengatasi hambatan udara sehingga pesawat bisa melaju dengan kecepatan 130 knot atau sekitar 240 kilometer per jam. Pesawat berbobot 340 kilogram ini bisa terbang tujuh jam sejauh 1.600 kilometer atau setara Jakarta-Bali. Biaya pembuatannya sekitar 1,3 M.

Pesawat Jabiru merupakan pesawat swayasa bermuatan empat awak, yaitu pesawat karya rakitan sendiri. Oleh pemilik sebelumnya, siswa dan siswi SMKN 29 Penerbangan Jakarta diberi keleluasaan untuk memodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Begitulah sedikit informasi yang saya dapatkan dari bapak kepala sekolah SMKN 29 Jakarta, bapak Dedi Dwitagama. Beliau adalah seorang kepala sekolah yang hebat dan sangat dekat dengan dunia IT.

Salut atas prestasi siswa SMKN 29 Jakarta dalam merakit pesawat Jabiru yang menjadi kebanggaan bangsa. Belum banyak loh sekolah yang mampu merakit sendiri pesawat terbang. Kita pun berharap ini bukan eforia sesaat tetapi terus berkembang dan menjadi kebanggan kita bersama. Siswa SMKN 29 Jakarta memang luar biasa.

Comments

Popular posts from this blog

PERKEMBANGAN SAINS DAN TEKNOLOGI DI INDONESIA SAAT INI

pasal-pasal yang tidak diamandemen